Sirkuit Lippo Village bukan untuk Arena Roda 2  

Posted by Info Balap Motor in


Indonesia setidaknya harus memiliki lebih banyak lagi sirkuit bertaraf internasional. Selain Sentul, baru Sirkuit di Karawaci, Lippo Village Circuit yang (akan) bersertifikat internasional.

Perlunya sirkuit itu adalah sebagai ajang membiasakan diri dengan lintasan sesungguhnya balap motor, bukan hanya pasar senggol yang menempatkan karung-karung pasir di samping kiri-kanan lintasan.
Sayangnya sirkuit terbaru kita, Lippo Village Circuit, tidak ditujukan untuk balap kelas roda dua sebab layoutnya sendiri hanya ditujukan untuk balap mobil. Street Circuit (sirkuit jalan raya) dimana pun di dunia belum pernah sekali pun dipakai untuk arena balap motor MotoGP atau SBK. Kecuali di Eropa sana, ada balapan yang menggunakan jalanan umum sebagai lintasannya yaitu kejuaraan MAN TT. Itu pun sering terjadi kecelakaan hebat.
Mungkinkah balap motor dunia akan menggunakan sirkuit jalan raya ? Tentu mungkin. Syaeratnya adalah penyempurnaan dalam hal safety harus bisa dikembangkan sehingga para pembalap bisa nyaman dan aman yang akhirnya bisa membuat sejarah baru, balapan di arean jalan raya. Semoga.

(yzf hrd)

0 komentar

Posting Komentar

Pengikut

Kontribusi

Foto saya
Blog khusus penggemar balap motor seluruh dunia dan liputan khusus kiprah Doni Tata dan pembalap indonesia lainya di arena Internasional